Selamat Datang di Program Pascasarjana Ilmu Lingkungan Universitas Padjadjaran

Universitas Padjadjaran merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi di Indonesia yang sejak lebih dari 30 tahun menyatakan komitmennya untuk berkontribusi dalam peningkatan pengetahuan dan wawasan lingkungan aparat pemerintah, pelaku bisnis, dan aktivis lembaga swadaya masyarakat. Hal ini sesuai dengan Pola Ilmiah Pokok UNPAD, yaitu “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Dalam Pembangunan”. Pola Ilmiah Pokok ini merupakan landasan filosofis dan menjiwai kurikulum program studi di lingkungan UNPAD, khususnya program studi yang core business kurikulumnya adalah sumberdaya alam dan lingkungan.

Sebagai bentuk perwujudan dari komitmen Pola Ilmiah Pokok Universitas Padjadjaran tersebut Lembaga Ekologi yang berdiri pada tahun 1972, dan berubah nama menjadi Pusat Penelitian Sumberdaya Alam dan Lingkungan (PPSDAL) tahun 1992, merupakan lembaga perintis pendirian pusat-pusat studi lingkungan di Indonesia. Selain aktif berkecimpung dalam persoalan lingkungan hidup dan pembangunan, dalam upaya mengembangkan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan (ecological literate society), PPSDAL LPPM Unpad merintis pendirian program pascasarjana strata dua bidang ilmu lingkungan bekerjasama dengan University of Twente Netherland pada tahun 1998.

Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana UNPAD (PSMIL PPs UNPAD). Sejak didirikan lebih dari 10 tahun yang lalu, PSMIL PPs UNPAD telah melakukan berbagai pencapaian yang dibuktikan dengan statusnya saat ini sebagai program studi magister yang terakreditasi ‘A’. PSMIL juga telah berhasil membina kerjasama yang baik dengan pihak Bappenas dan Diknas sehingga dipercaya oleh kedua lembaga tersebut untuk menyelenggarakan program beasiswa sejak tahun 2005.

Atas dasar keberhasilan melaksanakan pendidikan formal jenjang S2 Ilmu Lingkungan selama 10 tahun, UNPAD telah menetapkan untuk mendirikan program S3 Ilmu Lingkungan sebagai pengembangan lebih lanjut dari PSMIL. Pendirian program S3 Ilmu Lingkungan diharapkan mampu lebih mengakselerasi penyebarluasan gagasan pembangunan berkelanjutan dan pengembangan masyarakat yang peduli tentang lingkungan. Pengembangan tersebut sekaligus dapat berkontribusi terhadap upaya-upaya mengatasi persoalan lingkungan sebagai akibat dari pembangunan di tingkat lokal, nasional maupun global yang semakin kompleks. Keberadaan Program S3 Ilmu Lingkungan sebagai pengembangan dari Program Studi Magister Ilmu Lingkungan Program Pascasarjana (PSMIL PPs) merupakan salah satu bentuk penguatan komitmen UNPAD dalam upaya peningkatan kualitas lingkungan hidup. Sasaran yang ingin dicapai adalah terwujudnya ecologically literate society melalui pergeseran paradigma manajemen lingkungan dari paradigma yang terlalu menekankan filosofi cartesian worldview ke arah paradigma yang berlandaskan pada filosofi ecological worldview.